Tips Agar Tidak Rugi Saat Membeli Rumah Indent

Tips Agar Tidak Rugi Saat Membeli Rumah Indent

Tips agar tidak rugi saat beli rumah indent ini perlu disimak oleh Anda yang akan membeli rumah yang masih dalam tahap pembangunan. Ya, rumah yang dibangun secara indent (dipesan dulu baru dibangun) memang kerap menimbulkan perasaan “harap-harap cemas”. Artikel ini dibuat di rumah.com khusus untuk Anda yang ingin tahu tips agar tidak rugi saat beli rumah indent.

Tak heran, sebagian orang memilih rumah yang statusnya ready stock alias siap huni. Meski demikian, Ardantio Wisnu Wardono selaku Chief Marketing Arco Reltindo menegaskan bahwa sebenarnya tidak perlu cemas berlebihan saat hendak membeli rumah dalam kondisi indent.

“Saat membeli rumah baru, tentu ada kelebihan dan kekurangan dari bangunannya. Namun, semuanya disesuaikan kebutuhan konsumennya. Jika konsumen membutuhkan rumah untuk segera ditempati, tentu saja ready stock (rumah siap huni) adalah pilihan yang tepat.

Namun, jika tujuannya adalah rumah idaman, baik bangunan, fasilitas, maupun nilai investasinya, menurut saya, rumah indent bisa menjadi pilihan menarik,” ujar Ardan.

Nah, bagi Anda yang ingin tahu lebih lanjut tentang rumah indent, artikel ini akan membahas tentang:

Kelebihan Membeli Rumah secara Indent

4 Jurus Aman Beli Rumah Indent

  1. Lihat Dulu Pengembangnya
  2. Cek Legalitas Bangunan
  3. Lihat Fasilitas Umum dan Fasilitas Sosialnya
  4. Tinjau Lokasi

1. Kelebihan Membeli Rumah Secara Indent
Ardan menuturkan keuntungan bila konsumen membeli rumah secara indent, antara lain:

Harga jual relatif lebih murah dibandingkan rumah ready stock.
Membeli rumah indent adalah bentuk investasi. Berpeluang mencicil dengan tenor terjangkau kepada pihak pengembang.

Konsumen lebih fleksibel memantau proses pembangunan rumah bahkan dapat meminta tambahan konsep.

2. 4 Tips agar Tidak Rugi Beli Rumah secara Indent
Menurut Ardan, membeli rumah, baik indent maupun ready stock, sangat memerlukan kejelian dan kehati-hatian konsumen untuk meminimalisasi kerugian. Berikut 4 jurus aman beli rumah indent yang bisa Anda terapkan:

a. Lihat Dulu Pengembangnya
Pengembang yang profesional tidak akan mengecewakan konsumen. Sebaiknya, cari tahu lebih dalam terkait pengembang, misalnya apakah sudah mengantongi izin usaha membangun serta memiliki pengalaman yang mumpuni.

Selain menggunakan akses internet, Anda juga bisa bertanya kepada teman atau saudara yang berpengalaman dengan pengembang perumahan. Bisa juga Anda membaca ulasan proyek di review properti Rumah.com.

b. Cek Legalitas Bangunan
Kemudian, cek kembali legalitas bangunan rumah. Hal ini bisa dilihat dari penelusuran status kepemilikan tanah yang dilihat dari sertifikat. Umumnya, status tanah dan bangunan adalah Sertifikat Hak Milik (SHM) dan SHGB (Sertifikat Hak Guna Bangunan). Kedua status tersebut diakui jika mengajukan pinjaman ke bank (KPR). “Jadi, meskipun indent, jangan lupa memastikan status tanah tersebut diakui oleh bank,” ujar Ardan.

c. Lihat Fasilitas Umum (Fasum) dan Fasilitas Sosial (Fasos)
“Indikator lain yang bisa ditinjau adalah fasilitas umum (fasum) dan fasilitas sosial (fasos)-nya. Misalnya jalan masuk, gorong-gorong saluran air, listrik, dan sanitasi,” kata Ardan.

d. Tinjau Lokasi
Terakhir, jangan lupa meninjau lokasi. Pembangunan rumah indent biasanya memerlukan waktu perampungan dua hingga lima tahun mendatang.

“Meninjau lokasi sangat penting bagi Anda yang hendak membeli rumah indent. Cek perkembangan infrastruktur di sekitar kawasan rumah, seperti transportasi atau akses tol,” tutur Ardan.

Konsep Desain Perumahan Syariah Tanpa Bank di Madiun (1)

Share:

More Posts

Point Penting Ekonomi Syariah

Point Penting Ekonomi Syariah

Ahsanaproperty.com – Ditulis di Wikipedia Ensiklopedia Bebas, Sistem ekonomi syariah sangat berbeda dengan ekonomi konvensional kapitalis, sosialis maupun komunis. Ekonomi syariah bukan pula berada di

Leasing Hal Haram Yang Sering Dilakukan

Haramnya Kredit Leasing

Haramnya Kredit Leasing  Dalam sebuah forum Islamic Business Coaching (IBC), saya pernah digugat oleh seorang peserta: “Jika multiakad itu hukumnya BATAL, apa itu tidak mengguncang

Send Us A Message

Cara Membeli Rumah Pertama Menenangkan Hati

Cara Membeli Rumah Pertama Menenangkan Hati

Hari Libur Mau Liburan Kemana ?

Cari yang menyenangkan? Atau cari suasana yang menenangkan hati?

Kemanapun liburan Anda.. Yuk tonton sampai selesai, Cara punya rumah pertama yang menenangkan hati

https://youtu.be/cb4Sojy2tXA

 

5 Langkah Tepat, Pengeluaran Rumah Tangga Hemat

5 Langkah Tepat, Pengeluaran Rumah Tangga Hemat

5 Langkah Tepat, Pengeluaran Rumah Tangga Hemat 

Apakah Anda termasuk tipe orang BPJS? Eh.. Apa ini termasuk yang ikutan BPJS Kesehatan itu? .
BPJS ini Budget Pas-pasan Jiwa Sosialita. Nah, kelihatan itu tipe sobat OMAH (Oh My Ahsana) nih. Hehehe… .
Di era sekarang memang harus pandai berhemat, bukan berarti pelit loh ya. Pun juga dalam kondisi ekonomi yang serba tak menentu ini. By the way, Ahsana Property punya 5 Langkah Tepat Hidup Hemat. Yuk ikutin. Moga manfaat!  Continue reading →

Cara Islami Atur Keuangan Agar Hidup Berkah

Cara Islami Atur Keuangan Agar Hidup Berkah

Hidup Berkah 

Biasanya kita bingung mengatur uang. Apalagi makhluk bernama uang ini kerap melenakan. Ada uang abang disayang, nggak ada uang abang ditendang. Hilang!

Ngomongin soal atur keuangan, sobat OMAH (Oh My Ahsana) pasti pernah mendengar dan membaca ayat ini: “Dan janganlah kamu menghambur-hamburkan (hartamu) secara boros. Sesungguhnya pemboros-pemboros itu adalah saudara-saudara syaitan dan syaitan itu adalah sangat ingkar kepada Rabbnya.” (QS. Al-Isra’: 26-27) Continue reading →

Investasi Sesungguhnya Tanpa Riba

Investasi Sesungguhnya Tanpa Riba

Rumah Syariah, Investasi Sesungguhnya dan Bahagia Memilikinya

Perjalanan property dan rumah syariah di Indonesia memang belum lama. Meski demikian, di tahun 2020 ketika booming produk halal. Property dan rumah syariah menemukan momentum yang pas. Ditambah lagi keinginan umat Islam untuk melakukan aktifitas berdasarkan ajaran agamanya (syariah Islam). Coba kita bayangkan dua atau lima tahun ke depan, memiliki rumah dengan konsep syariah akan menjadi satu-satunya pilihan. Mengapa? Karena rumah syariah adalah investasi sesungguhnya. Berbahagialan orang yang memilikinya. Apakah juga termasuk Anda? Semoga. Continue reading →

Saatnya Mudah Beli Rumah Tanpa Riba

Saatnya Mudah Beli Rumah Tanpa Riba

Saatnya Mudah Beli Rumah Tanpa Riba 

Rumah menjadi kebutuhan mendasar bagi setiap manusia. Rumah itu papan untuk tempat tinggal. Berteduh dari panas. Berlindung dari hujan. Tempat segala aktifitas manusia bersama keluarga tersayang. Kini, banyak cara mudah memiliki rumah. Apalagi ada penawaran membeli rumah dengan sistem syariah. Apa sih bedanya model pembelian di sistem syariah dengan yang biasa (konvensional)? Continue reading →

Kepingin Rumah Kokoh Sampai Kakek Nenek

Kepingin Rumah Kokoh Sampai Kakek Nenek

Kepingin Rumah Kokoh Sampai Kakek Nenek 

[Solusi Property Syariah]

Kita pasti tidak ingin memiliki hunian yang baru dibangun dan tiga bulan kemudian roboh? Sudah sering kita melihat dan mendengar berita atap bagunan SD, Rumah Sakit, dan Fasilitas Publik lainnya tiba-tiba roboh. Bahkan jembatan yang baru dibangun pun kondisinya rusak dan retak. Mengerikan, bukan? Penyebab dari itu semua bisa karena ulah manusia yang ingin modal bangun sekecil-kecilnya dengan meraup untung sebesar-besarnya. Akhirnya beberapa spesifikasi bahan bangunan pun diganti. Semoga ini tidak menimpa diri kita. Continue reading →

Terus Berusaha Menjadi Grup Bisnis Property Murni Syariah Terunggul dan Terpercaya.

Kantor Pusat

BUKA JAM

BERLANGGANAN MAJALAH

Masukkan Email Anda Untuk Berlangganan Gratis Majalah Kami, Pembaruan Informasi Berita, Progress Update, dan Tips Solusi

Hunian Syar'i Menenangkan Hati

Visi : Menjadi Grup Bisnis Property Murni Syariah Terunggul dan Terpercaya

×

Assalamu'alaikum wr. wb.

Ngobrol, yuk..

× Siap melayani sepenuh hati