Apa yang bikin Sheila On 7 Ngetop?

Apa yang bikin Sheila On 7 Ngetop? 

[ Belajar Added Value ]

Caci maki saja diriku…bila itu bisa membuatmu, kembali bersinar dan berpijar seperti dulu kala…..

Bagi generasi yang menikmati musik tahun 2000-an, Sheila On 7 (SO7) adalah ikon anak-anak ndeso yang mendadak ngetop dengan lagu cinta lalu jadi trend setter musik ibukota.

Apa sih added value (nilai tambah / av) yang bikin SO7 sukses ? Musiknya ? Lirik lagunya ? kesederhanaannya ? silakan berpendapat apapun. Tapi kalo boleh rada menepi, adakah yang bilang bahwa SO7 itu ngetop karena Duta cs itu ganteng ?!

Sobat Omah, disinilah pentingnya belajar tentang added value (av) alias nilai tambah.
Coba kita perhatikan, banyak diantara pemain properti syariah (prosya) begitu semangat mengedepankan av syariah pada property yang dipasarkan. Tidak salah sebenarnya, meski menurut saya pada akhirnya, menjadikan av syariah saja untuk memasarkan properti, tidaklah cukup.

Mungkin bagi sebagian umat Islam yang aqidahnya terdidik, av syariah adalah segalanya. Tapi bagi umat Islam secara umum, yang belum belajar fiqh muamalah, tidak bisa membedakan apa itu riba dan apa itu keuntungan, av syariah akan menjadi hal yang biasa-biasa saja. Betul gak ?

Coba perhatikan Prosya disekitar kita yang tengah berlomba lomba menjual produknya. Apa yang menjadi daya tawar utamanya ? Syariahnya, atau Kualitas produknya ?

Jika kemudian AV Syariahnya kita coret dari papan namanya, apakah kemudian dia tetap menjadi properti yang diburu dan diminati, atau justru malah jadi basi ? Nah !!!

Baca Juga : Sedapnya Bebek Sinjay Beneran Anjay 

Dipandang dari sudut bisnis kontemporer, fakta Prokon sangat mudah mengalahkan Prosya. Selain produk dan lokasi, mereka jauh unggul dengan harga. Diakui atau tidak, prosya belum bisa menyentuh calon pembeli dengan dana cekak, dan akhirnya mereka -prokon- jauh memimpin. Apalagi dengan strategi tanpa DP yang bisa mereka lakukan.

FYI, regulasi Bank Indonesia saat ini memang sudah melonggarkan aturan DP minimal hingga 0% . Tetapi tentu saja, tidak mudah mendapatkan nasabah yang memiliki rate penghasilan sangat besar yang akan membuatnya di ACC ketika mengajukan DP 0%. Ujung ujungnya, DP tetap saja harus di kisaran 30%.

Untuk benar benar mencapai DP hingga 0%, pada praktiknya tidak sedikit pemain prokon menggunakan strategi penggelembungan harga yang diajukan ke perbankan plus pengakuan “bohong” bahwa buyer telah DP 30%.

Contoh, harga rumah 230 jt, maka DP 30% adalah 69 jt. Tetapi dengan DP 23jt saja seseorang bisa tembus KPR karena pihak developer “membantu” membuat pernyataan telah menerima DP 30%. Loh, jadinya kurang dong uang yang diterima developer ?

TIDAK, karena pada saat yang sama, developer mengakui bahwa harga rumahnya tidak 230jt, tetapi menjadi minimal 276jt ((230+69) – 23). Kenapa minimal ? Karena pihak developer juga perlu dana lebih untuk “pembiayaan” pihak Appraisal. Siapa itu ?

Pihak appraisal adalah pihak ketiga sebagai utusan bank yang akan menaksir harga prokon yang dijual. Pihak ketiga inilah yang dipercaya bank untuk memperkirakan apakah sesuai, harga yang diajukan developer dengan kondisi dan lokasi real dari prokon. Disinilah akan sangat rawan permainan “pembiayaan”.

Nah, apakah kita sebagai pemain prosya akan kalah ? Bisa ya, bisa tidak. Semua tergantung anda, dalam menemukan av dan trik marketing anda sendiri.

Musik KomposerSeriuslah berkonsentrasi pada nilai tambah produk anda, seperti kawasan yang rapi, desain yang menarik, lokasi strategis dsb. seperti SO7 yang menjadikan ke-ndeso-an mereka diramu dengan musik pop dan lirik easy listening menjadi nilai tambah band. Sementara perkara Duta CS itu ganteng atau tidak, sudah tidak lagi penting, toh kalo Cowok ya pasti ganteng lah, sebagaimana sudah seharusnya seorang muslim pasti berbisnis sesuai syariah hehehehehe.

Kontributor : Creative Team Ahsana Property | Rumah Kita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terus Berusaha Menjadi Grup Bisnis Property Murni Syariah Terunggul dan Terpercaya.

Kantor Pusat

BUKA JAM

BERLANGGANAN MAJALAH

Masukkan Email Anda Untuk Berlangganan Gratis Majalah Kami, Pembaruan Informasi Berita, Progress Update, dan Tips Solusi

Hunian Syar'i Menenangkan Hati

Visi : Menjadi Grup Bisnis Property Murni Syariah Terunggul dan Terpercaya

×

Assalamu'alaikum wr. wb.

Ngobrol, yuk..

× Siap melayani sepenuh hati