Hukum Syara Seputar Nafkah

Hukum Syara Seputar Nafkah

Hukum Syara Seputar Nafkah 

Ustadz Shiddiq Al Jawi

Beberapa catatan tentang materi ini:

Suami/ayah wajib memberi nafkah kepada istri/anak2nya.

Nafkah yang dimaksud adalah makanan, pakaian, dan rumah serta ikutannya.

Ketika suami wajib memenuhi kebutuhan pakaian untuk istrinya, maka kebutuhan ikutannya seperti mesin cuci, setrika, dan lemari baju menjadi kewajiban suami untuk memenuhinya.

Besaran nafkah yang wajib diberikan suami kepada istri adalah sesuai dengan taraf kehidupan suami. Continue reading →

Hukum Membatalkan Jual Beli (Al Iqolah)

Hukum Membatalkan Jual Beli (Al Iqolah)

Hukum Membatalkan Jual Beli (Al Iqolah) 

Tanya : 

Ustadz, mau tanya. Kalo saya beli barang. Sudah deal. Tinggal transfer dan barang dikirim. Itu siang hari. Ternyata pada malam hari, barang yang saya mau beli tersebut, ketemu. Sudah ada di rumah saya. Kalo beli lagi kan double2 jadinya. Mubazir. Nah apa hukumnya ya kalo saya batalkan pembelian tsb? Dosa ndak saya ya Ustadz? (Malayati Hasan, Bandung)

Jawab : Continue reading →

Hukum Perkreditan, Masalah, dan Solusinya

Hukum Perkreditan, Masalah, dan Solusinya

Macam-Macam Praktek Perkreditan. 

Diantara salah satu bentuk perniagaan yang marak dijalankan di masyarakat ialah dengan jual-beli dengan cara kredit.

Dahulu, praktek perkreditan yang dijalankan di masyarakat sangat sederhana, sebagai konsekwensi langsung dari kesederhanaan metode kehidupan mereka. Akan tetapi pada zaman sekarang, kehidupan umat manusia secara umum telah mengalami kemajuan dan banyak perubahan. Continue reading →

Gadai Emas Dalam Sorotan

Gadai Emas Dalam Sorotan

Gadai Emas Dalam Sorotan 

Kecenderungan harga emas yang naik melaju lebih dari 30% per tahun mengubah haluan banyak orang berinvestasi dari surat-surat berharga dan valuta asing –yang terkena imbas krisis global- menuju investasi gadai emas di bank-bank syariah. Lebih dari itu, gadai emas syariah telah menjadi alternatif untuk mendapatkan modal dengan cara aman. Ditambah label ‘syariah’ yang melekat, membuat orang semakin nyaman dengan ‘jaminan kehalalannya’. Pihak bank mengklaim, konsep produknya merujuk pada DSN MUI. Lagi-lagi, ternyata hanya klaim tanpa bukti. Continue reading →

Seputar Akad Jual Beli Kredit

Seputar Akad Jual Beli Kredit

Seputar Akad Jual Beli Kredit

1. PENGERTIAN JUAL-BELI KREDIT

Jual Beli Kredit / Angsuran / Cicilan / Tidak Tunai adalah: transaksi jual-beli, dimana barang diterima pada waktu transaksi dengan pembayaran tidak tunai  dengan harga yang lebih mahal daripada harga tunai serta Pembeli melunasi kewajibannya dengan cara angsuran tertentu dalam jangka waktu tertentu. (1) Continue reading →

Hukum Membantu Orang Mengajukan KPR Bank

Hukum Membantu Orang Mengajukan KPR Bank

Hukum Membantu Orang Mengajukan KPR Bank

Bismillah was shalatu was salamu ‘ala Rasulillah, amma ba’du, Berikut tanya jawab tentang hukum membantu orang lain untuk KPR di bank.

Pertanyaan,

لي أحد الأصدقاء يدفع إيجار بيت شهريًا 80% من راتبه، وأريد أن أعمل صدقة جارية، وأعطيه مبلغًا ليشتري به منزلًا، والمبلغ الذي أريد مساعدته به يساوي نصف المبلغ المطلوب لشراء بيت، ثم تبين لي إذا أعطيته أنه سيقترض النصف الآخر من بنك تجاري بحجة أنه في ضرورة، مع العلم أنه إذا أراد الإيجار فمن الممكن أساعده في دفع إيجار البيت كاملًا وتتحسن أموره، فماذا أصنع؟

Saya punya teman, dia membayar biaya kontrak rumah setiap bulan sebesar 80% dari gajinya. Dan saya ingin memberikan sedekah jariyah. Saya ingin memberinya uang untuk membeli rumah. Uang yang saya berikan nilainya setengah dari harga rumah yang ingin dia beli.

Continue reading →

Hukum KPR Dalam Bank Syariah

Hukum KPR Dalam Bank Syariah

Hukum KPR Dalam Bank Syariah

Sebelum memahami hukumnya. Perlu diketahui terlebih dahulu bahwa permasalahan membeli barang via Bank itu memiliki dua bentuk :

Pertama, seorang muslim pergi ke bank lalu berkata kepada pihak bank “Aku ingin membeli suatu rumah tertentu atau mobil tertentu.” Bank lantas mengatakan “Kami tidak memilikinya. Coba cek jika ada yang cocok dengan apa yang Anda inginkan beritahukan kepada kami, kami akan membelinya.” Orang tadi lantas pergi mencari apa yang dia maksudkan, ketika dia menjumpai apa yang dia inginkan hal tersebut dia infokan kepada pihak bank. Pihak bank lantas membelinya.
Continue reading →

Terus Berusaha Menjadi Grup Bisnis Property Murni Syariah Terunggul dan Terpercaya.

Kantor Pusat

BUKA JAM

BERLANGGANAN MAJALAH

Masukkan Email Anda Untuk Berlangganan Gratis Majalah Kami, Pembaruan Informasi Berita, Progress Update, dan Tips Solusi

Hunian Syar'i Menenangkan Hati

Visi : Menjadi Grup Bisnis Property Murni Syariah Terunggul dan Terpercaya

×

Assalamu'alaikum wr. wb.

Ngobrol, yuk..

× Siap melayani sepenuh hati