question mark

PERTANYAAN YANG SERING DIAJUKAN

1.Apa yang dimaksud dengan sistem kredit sesuai syariah ?

Jawab : adalah sistem kredit tanpa perantara bank, baik konvensional maupun syariah. Dimana dalam sistem ini, semua jual beli perumahan baik cash maupun kredit, dilakukan oleh pihak Developer secara langsung dengan perhitungan harga cash maupun kredit, cicilan flat tanpa bunga / riba

2.DP kok mahal sekali, bisa kurang tidak ?

Jawab : DP yang kami minta, sesuai pasaran umum perumahan, dan bisa dicicil sesuai kesepakatan. Kami tidak meminta harga lebih dari apa yang tercantum dalam brosur kami, seperti biaya provisi, dana mengendap di rekening, biaya kredit perbankan, administrasi dan sebagainya. Ini tentu berbeda dengan perumahan lain yang seolah olah murah, tetapi ternyata banyak biaya tambahan diluar yang tertulis di brosur.

3.Kalo Harga Cash, bisa dicicil berapa lama ?

Jawab : harga cash bisa dicicil maksimal 3 bulan, tanpa tambahan harga.

4.Apa syarat bisa membeli secara kredit di perumahan ini ?

Jawab : syaratnya sederhana, anda mampu membayar. Meskipun kami tetap meminta kelengkapan data dan survey, kami bukan lembaga keuangan yang terkoneksi dengan BI Rate dan semacamnya, sehingga lebih mudah.

5.Apa yang dijaminkan, apakah tanpa jaminan ?

Jawab : Tidak ada dan tidak diperlukan sistem penjaminan dalam KPR kami.

6.Apakah itu artinya sertipikat akan langsung didapatkan oleh pembeli meski kredit ?

Jawab : ya, sertipikat begitu selesai proses pemecahan akan diberikan kepada pembeli. hanya saja, prosesi balik nama tidak bisa dilakukan karena aturan Negara yang melarang dilakukannya balik nama apabila suatu transaksi property belum lunas.

7.Kok enak sekali, dengan sistem sertipikat tidak ditahan itu apakah tidak merugikan Developer ?

Jawab : untuk lokasi-lokasi tertentu, kami akan melakukan permintaan jaminan pengganti. Bisa itu berupa sertipikat tanah lain, BPKB Kendaraan, atau yang lain. meski tidak senilai, itu tetap bisa kami terima.

8.Harga tanahnya kok lebih mahal daripada beli kaplingan ?

Jawab : Tentu saja, karena tanah perumahan sudah termasuk membeli segala fasilitasnya, termasuk taman bermain, musholla, jalan selebar 6 meter, dan fasilitas sosial yang lain.

Investasi Anda sudah termasuk :
a. Harga jual rumah yang terus meroket, karena anda berada pada sebuah kawasan yang sudah tertata dengan perencanaan yang rapi.
b. Anda mendapatkan fasilitas umum yang sesuai.
c. Akad syariah yang menjaga anda dari investasi neraka, menjadi investasi surga (insya Allah)

9.Kalau saya beli tanahnya, desain saya sendiri ?

Jawab : Untuk saat ini, belum diperbolehkan. Alasannya adalah, untuk menjaga keberlangsungan kawasan yang tertata rapi baik secara kawasan maupun desain rumahnya.

10.Kapan mulai dibangun rumah saya ?

Jawab : Apabila DP sudah lunas atau sesuai perjanjian.

11.Setelah lunas DP ,berapa lama bangun rumahnya ?

Jawab : Tergantung tipe bangunan. Sekitar 3-7 bulan normalnya. dalam perjanjian jual beli di Notaris, akan disebutkan minimal 6 bulan dan maksimal 12 bulan.

12.Saya lihat ada gambar hadiah, berupa HP, Mobil, dan sebagainya. Itu diundi ?

Jawab : ada yang diundi, ada hadiah langsung. Untuk jelasnya hubungi customer service kami.

13.Apakah perumahan ini tidak menggunakan asuransi ?

Jawab : tidak, karena tidak ada asuransi (meski syariah sekalipun) yang murni sesuai syariah akad-akadnya.

14.Bila terjadi gagal bayar, bagaimana sistemnya ? Apakah rumah akan disita ?

Jawab : Bila terjadi gagal bayar, tidak akan dilakukan penyitaan terhadap unit rumah yang dibeli, karena dalam sistem kami, rumah yang dibeli dan sertipikat rumah tidak dijadikan sebagai agunan / jaminan kesepakatan kredit.
Untuk menyelesaikan sisa hutang dikarenakan terjadinya gagal bayar, maka atas kesepakatan kedua belah pihak akan dilakukan penjualan asset yang dimiliki pembeli untuk digunakan membayar hutang. Asset yang dimaksud bisa berupa rumah yang dikredit, atau asset lain yang sekiranya sesuai dengan hutang yang tersisa.
Penjualan asset dilakukan sendiri oleh pemilik asset, dan penetapan harga asset ada pada pemilik asset, bukan pada developer.
Apabila setelah asset terjual, terjadi kelebihan hasil dibandingkan hutang, maka kelebihannya dikembalikan ke pembeli. Contoh, bila rumah yang dijual laku seharga 400 juta, sedangkan hutang hanya 150 juta, maka selisihnya yaitu 250 juta akan dikembalikan ke pembeli.

15.Ada property milik perorangan yg dijual diluar perumahan yang dikelola Ahsana, kemudian saya memintakan Ahsana utk membelinya dan menjualnya kepada saya dengan angsuran sesuai syar’i (dengan kata lain, Ahsana saya minta sebagai lembaga pembiayaan) ?

Jawab : Maaf tidak bisa, kami bukan pengganti lembaga pembiayaan / perbankan.

16.Saya punya tanah atas nama saya sendiri, bisakah Ahsana kami minta untuk membangun sebuah rumah diatasnya dan kemudian kami membayarkan secara kredit kepada Ahsana ?

Jawab : Maaf tidak bisa, kami bukan pengganti lembaga pembiayaan / perbankan. Kami adalah developer yang menjual perumahan kami sendiri yang dibangun diatas lahan yang kami kelola dengan cara syar’i. Kami bukan lembaga keuangan syariah.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s